Kamis, 18 Mei 2017

Audit Technology for Audit Internal


Audit Internal adalah status aktivitas penilaian yang bebas atau independen dalam organisasi atau perusahaan untuk meneliti kembali dalam bidang akuntansi keuangan dan bidang lain sebagai dasar memberikan pelayanan pada manajemen kepada perusahaan. Internal auditor memiliki peran yang penting dalam membantu manajemen mencapai kinerja perusahaan yang baik dan ditujukan untuk membantu memperbaiki kinerja perusahaan. Internal Auditor membantu manajemen mencapai kinerja yang baik dengan memperkenalkan pendekatan yang sistematis untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pengendalian intern serta memberikan catatam atas kekurangan yang ditemukan selama melakukan evaluasi.
Definisi lain audit internal adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh internal auditor perusahaan atau organisasi terhadap laporan keuangan dan catatan akutansi perusahaan maupun kegiatan laian terhadap kebijakan manajemen yang telah ditentukan dan ketaatan terhadap peraturan pemerintah dan ketentuan ikatan profesi yang berlaku.
Tujuan dari pelaksanaan audit internal  adalah membantu  pimpinan perusahaan atau organisasi dalam melaksanakan tanggung jawabnya dengan memberikan data analisa, penilaian, saran dan komentar mengenai kegiatan yang telah diperiksanya. Kegiatan yang biasa  dilakukan oleh internal auditor untuk mencapai tujuan diatas adalah :
·         Menelaah dan menilai kebaikan, memadai tidaknya dan penerapan dari sistem pengendalian manajemen, pengendalian internal, dan pengendalian operasional lainnya serta mengembangkan pengendalian yang efektif dengan biaya yang tidak terlalu mahal
·         Memastikan ketaatan terhadap kebijakan, rencana dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh manajemen
·         Memastikan seberapa jauh harta perusahaan dipertanggung jawabkan dan dilindungi dari kemungkinan terjadinya segala bentuk pencurian, kecurangan dan penyalahgunaan
·         Memastikan bahwa pengelolaan data yang dikembangkan dalam organisasi dapat dipercaya
·         Menilai mutu pekerjaan setiap bagian dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh manajemen.
·         Menyarankan perbaikan-perbaikan operasional dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Melihat hal diatas maka  peran  auditor internal adalah : a) Peran sebagai pemecah masalah, dimana temuan audit pada hakikatnya adalah masalah dan auditor internal harus mampu menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) yang rasional. b) Temuan yang ada dari pelaksanaan audit bisa menjurus pada timbulnya konflik bila seorang auditor kurang mampu menyelesaikannya dengan audit yang netral

Melihat fungsi.tujuan.kegiatan dan peran internal auditor, maka mau tidak mau perlu adanya pemahaman yang luas tentang segala macam kegiatan audit termasuk didalamnya AUDIT TEKNOLOGI yang pada intinya untuk melihat sejauh mana peran teknologi dalam meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi dan menimbulkan proses kerja yang efektif dan efisien.

Oleh karena itu dengan pertimbangan : 1. peran teknologi dalam membantu operasional perusahaan atau organisasi tidak bisa dipisahkan dan sangat diperlukan; 2. perkembangan teknologi yang begitu pesat maka diperlukan pemahaman yang tepat dalam menilai peran teknologi; 3. penyalah gunaan teknologi untuk kejahatan manajemen sudah semakin banyak. Maka mau tidak mau. suka tidak suka pemahaman AUDIT TEKNOLOGI harus dimengerti oleh INTERNAL AUDITOR dalam melakukan AUDIT INTERNAL perusahaan atau organisasi (YS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar